Sistem Diklat Kurikulum 2013 untuk Guru Sasaran
Diklat kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh LPMP provinsi yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten masih mesisakan berbagai masalah. Salah masalah yang dapat diamati dengan kasat mata adalah tidak sinkronnya data base guru-guru yang akan mengikuti diklat kurikulum 2013 dengan guru-guru yang menjadi sasaran diklat kurikulum 2013 (guru sasaran). Ada beberapa daerah yang belum memahami peserta guru sasaran pada diklat kurikulum 2013. Berikut kreteria guru sasaran diklat kurikulum 2013 yang dikehendaki oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Guru | Sasaran Pelatihan | Keterangan |
|
|
Pendataan oleh Dinas Kab/Kota melalui Aplikasi Manajemen Pelatihan Kurikulum |
|
|
|
Minimnya anggaran dan sarana juga menjadi salah satu kendala sehingga tidak semua guru sasaran pada table di atas akan dipanggil oleh LPMP tetapi hanya mata pelajaran tertentu saja. Masalah ini akan lebih rumit lagi untuk guru-guru produktif SMK, karena saat ini guru-guru produktif belum menjadi target pelatihan kurikulum 2013. Berikut Mata Pelajaran guru sasaran.
SD | SMP Kelas 7 dan 8 | SMA/SMKKelas 10 dan 11 | |
Kelas 1 | PPKn | PPKn | |
Kelas 2 | Bhs.Indonesia | Bhs.Indonesia | |
Kelas 4 | Matematika | Matematika | |
Kelas 5 | Bhs Inggris | Bhs Inggris | |
Seni Budaya | Seni Budaya | Seni Budaya | |
PJOK | PJOK | PJOK | |
KS | Prakarya | Prakarya | |
PS | IPA | Sejarah | |
IPS | Biologi | ||
BK | Fisika | ||
KS | Kimia | ||
PS | Geografi | ||
Sosiologi | |||
Ekonomi | |||
Bhs Asing Lain | |||
Antropologi | |||
BK | |||
KS | |||
PS |
Sumber pendanaan dari pelatihan Kurikulum 2013 bersumber dari LPMP provinsi. Sehingga untuk menyesuaikan kesediaan dana dan kualitas output diklat guru sasaran kurikulum 2013, pemerintah telah menyediakan standar mekanisme pelatihan guru sasaran kurikulum 2013 oleh Instruktur Nasional.
KOMPONEN | URAIAN | ||
Pola Pelatihan | Guru
|
Kepala Sekolah
|
Pengawas Sekolah
|
Instruktur Pelatihan |
|
||
Peserta |
|
||
Bahan Pelatihan |
|
||
Penilaian Peserta dan Instruktur |
NA = [{(NS x 40%) + (NK x 60%)} x 70%] + [TA x 30%] NA = Nilai Akhir NS = Nilai Sikap (rerata dari semua mata pelatihan) NK = Nilai Keterampilan (rerata dari semua mata pelatihan) TA = Nilai Tes Awal dan Tes Akhir
|
||
Sertifikat |
|
Selain standar penyelenggaraan diklat kurikulum 2013 untuk guru sasaran, pemerintah juga telah menyiapkan struktur kurikulum untuk diklat kurikulum 2013 untuk guru sasaran. Berikut kurikulum diklat kurikulum 2013 untuk guru sasaran.
No | Materi Pelatihan | Alokasi Waktu |
1. | KONSEP KURIKULUM 2013 | 4 |
1.1 | Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum | 1 |
1.2 | SKL, KI, dan KD dan Strategi Implementasi Kurikulum 2013 | 1 |
1.3 | Pendekatan Pembelajaran dan Penilaian pada Kurikulum 2013 | 2 |
2. | ANALISIS BUKU | 14 |
2.1 | Analisis Buku Guru | 8 |
2.2 | Analisis Buku Siswa | 6 |
3. | PERANCANGAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN | 14 |
3.1 | Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran | 3 |
3.2 | Model-model Pembelajaran dan Cara Penilaiannnya: Project Based Learning/ Problem BasedLearning/ Discovery Learning/Inquiry Learning | 9 |
3.3 | Pelaporan Hasil Penilaian Pembelajaran dalam Rapor | 2 |
4. | PRAKTIK PEMBELAJARAN TERBIMBING | 18 |
4.1 | Analisis Video Pembelajaran | 2 |
4.2 | Penyusunan RPP | 6 |
4.3 | Peer Teaching | 10 |
5. | TES AWAL DAN TES AKHIR | 2 |
5.1 | Tes Awal | 1 |
5.2 | Tes Akhir | 1 |
TOTAL | 52 |
Diharapkan dengan adanya sistem diklat kurikulum 2013 untuk guru sasaran efektif dalam implementasi kurikulum 2013. Selamat berjuang.
By K. Sutame [Mathyess.wordpress.com]
Posted on July 11, 2014, in Artikel and tagged Diklat Kurikulum 2013, Guru Sasaran, Kurikulum 2013. Bookmark the permalink. Leave a comment.
Leave a comment
Comments 0