Guru Keren itu Ngeblog!!!

bnbnMenurut Undang-Undang RI  Nomor 14 Tahun 2005 tentang  Guru dan Dosen disebutkan bahwa  Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Tentu ini bukan tugas yang mudah bagi guru. Mengingat Guru sekarang dihadapkan pada era serba digital. Teknologi telah menjadi bagian dari kehidupannya sejak lahir, mereka disebut sebagai “Digital Native” (kaum pribumi dunia digital), secara alami generasi ini mampu menguasai teknologi dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari (http://edukasi101.com). Artinya, adalah sebuah kewajiban seorang guru harus mampu dan terampilan melibantan ICT dalam  pembelajarannya.

Berdasarkan Permendikbud No. 022 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan beberapa karakter proses pembelajaran. Seorang Guru harus mampu menghadirkan suasana pembelajaran sebagai berikut. Pertama,  dari peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu. Kedua,guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar.  Ketiga,  pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah peserta didik, dan di mana saja adalah kelas. Keempat,  Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Salah satu komponen ICT yang dapat menghandle pembelajaran yang sesuai dengan ruh dari  Standar Proses tersebut adalah Blog.

Menurut wikipedia.com, Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Akhir-akhir ini tidak hanya berupa tulisan yang dapat dipostingkan tetapi dapat berupa video pembelajaran dan konten yang lainnya yang dapat menunjang pembelajaran. Ada banyak hal yang mampu dilakukanoleh guru dalam blog sebagai pembelajaran baik untuk siswa ataupun  kepada rekan Guru yang lainnya.  Hal yang dapat dilakukan oleh Guru kepada siswanya sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut. Pertama, posting sumber belajar yang bervariatif. guru dapat  meposting materi ajar atau bahan ajar yang bervariasi sebagai asas dari pembelajaran konstruktif sehingga siswa akan menambah wawasan berpikir siswa. Posting materi tersebut dapat berupa artikel (tulisan) atau video. Kedua, Pembelajaran dengan menggunakan Blog berarti belajar tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat. Siswa dapat melakukan diskusi secara inten  dengan guru tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat. Berbeda dengan pembelajran dalam kelas, Guru  dan siswa dibatasi olehwaktu dan tempat.Ketiga,  Khusus untuk pembelajaran di SMK yang memiliki karakter PSG (Pendidikan Sistem Ganda), adanya blog benar-benar menjembatani keterbatasan tatap muka langsung karena siswa sedang melakukan tugas magang. Guru dapat meposting penugasan-penugasan secara mandiri sehingga pembelajaran tetap berlangsung. Keempat, Guru juga dapat menggunakan penilaian secara online. Tidak hanya  pembelajaran kepada siswa dapat dilakukan oleh Guru tetapi juga Guru dapat berbagai materi, ide dan belajar membuat tulisan dari blog. Tentu hal ini sangat menarik.

Manfaat blog sangat besar dirasakan oleh penulis. Adapun manfaat penggunaan Blog oleh guru (Milya Sari, 2012) adalah sebagai berikut. Pertama, Mendorong siswa untuk selalu mendokumentasikan apa yang ada di dalam pikiran mereka, termasuk di antaranya adalah pengetahuan, pengalaman, perasaan, pendapat, dan lain-lain, dengan metode yang paling sesuai dengan kepribadian masing-masing, apakah itu lewat tulisan, gambar, suara, atau video. Kedua,  Menggantikan kelas-kelas diskusi yang selama ini selalu terbatas pada waktu dan sebuah ruangan fisik, sehingga proses pembelajaran pun dapat diselenggarakan dengan lebih fleksibel. Ketiga,  Cara yang efektif untuk meningkatkan minat belajar para siswanya. Misalnya seorang Guru memposting suatu permasalahan atau materi  pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Para siswanya kemudian bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan. Keempat,  Materi pelajaran yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan. Kelima,  Memperkenalkan teknologi internet di kalangan pelajar dan pengajar, juga bisa menjadi terobosan baru di dunia pendidikan  dan juga mempercepat gerakan literasi ICT pada siswa.

Banyaknya hal yang dapat dilakukan oleh Guru dalam Blog, tentu akan menghasilkan banyak manfaat blog  sebagai seorang Guru. Pertama,  Blog dapat berfungsi sebagai media latihan menulis. Melalui media Blog, Guru  belajar dan mengasah kemampuannya dalam membuat sebuah karya ilmiah atau karya tulis. Blog dapat menjadi media publikasi hasil karya yang paling mudah dan strategis. Kedua,  Blog dapat berfungsi sebagai media atau tutorial pembelajaran. Guru  dapat membuat dan meresume materi pelajaran kemudian meletakkannya ke dalam sebuah blog, sehingga siswa dapat mengakses materi Guru  dengan mudah, tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat. Ketiga,  Blog dapat membantu Guru menjalin komunikasi dan interaksi antar komunitas pengajar di seluruh nusantara. dan yang lebih menarik lagi, Guru dapat membangun personal branding. Keempat, Manfaat lain dari blog untuk seorang yang berprofesi sebagai Guru salah satunya proses pembelajaran akan lebih efisien dan efektif. Misalnya Gurumenuliskan apapun tentang kegiatan di sekolah seperti; menceritakan kegiatan belajar yang menyenangkan bersama siswa, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang menarik minat dan bisa jadi contoh bagi Guru-Guru yang lain.

Dapat dibayangkan,guru dengan berbagai kesibukannya mampu memeberikan daya tambah baru baik untuk siswa ataupun gur itu sendiri sebagai profesinya. Sehingga hal ini tentu saja akan menambah keunggulan guru dalam hal pembelajaran ataupunn eksistensi guru sebagai Profesi. Sehingga tidak berlebih, Guru keren itu, ya harus ngeblog. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Posted on July 23, 2017, in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: