Matrikulasi Kurikulum 2013

k13Tahun Ajaran (TA) baru 2014/2015  merupakan tantangan baru untuk  SMK/SMA dalam penerapan Kurikulum 2013.  Berdasarkan Surat Edaran No.156928/ MPK.A/KR/2013) TA  2014/2015 seluruh SMK/SMA harus melaksanakan Kurikulum 2013 untuk Kelas X dan XI.

2014-07-06_074050

 

Penerapan Kurikulum 2013 secara bertahap terhadap sekolah tertentu pada kelas X  (SMK/SMA) yang selanjutnya disebut  sekolah piloting, merupakan tantangan baru untuk sekolah yang bukan sekolah piloting yakni  dengan melaksanakan program matrikulasi. Matrikulasi pada sekolah non piloting bertujuan untuk menyeragamkan kemampuan guru dalam  implementasi kurikulum 2013 dan mengkondisikan pola pembelajaran kurikulum 2013 pada siswa.

Matrikulasi  merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kekurangan atau kesenjangan (defisiensi) dalam pengetahuan dan keterampilan yang menjadi entry behavior/intake yang diperlukan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran pada jenjang tertentu atau pada program tertentu. Matrikulasi bertujuan untuk pemenuhan kompetensi peserta didik agar kesenjangan antara muatan dan pengalaman belajar (learning experience) dari kurikulum 2006  sesuai dengan kompetensi yang harus dipenuhi pada kurikulum 2013.  Matrikulasi berkaitan dengan standar isi, standar proses, standar penilaian sertaStruktur Kurikulum (beban belajar, peminatan-penjurusan, mata pelajaran lintas minat). Pelaksanaan matrikulasi oleh sekolah non piloting dilaksankan secara mandiri oleh sekolah yang bersangkutan yang melibatkan Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan Guru. Tentu, sebelum melaksanakan matrikulasi, Guru telah mendapatkan pelatihan kurikulum 2013 secara resmi. Berikut strategi pelaksanaan matrikulasi oleh sekolah non piloting.

2014-07-06_080824

 

Startegi pelaksanaan matrikulasi selanjutnya dituangkan dalam bentuk langkah-langkah real dalam pembelajaran yakni  menyelaraskan antara KD kurikulum 2006 dengan KD pada kurikulum 2013. Berikut langkah praktis dalam memetakan/menyelaraskan  KD.

  • Mengkaji Permendikbud No 81a/2013 dan Permendiknas No 22/2006 tentang KD sesuai mata pelajaran kelas X
  • Melakukan linierisasi kompetensi/materi pokok
  • Mencermati kesenjangan kompetensi kedua kurikulum
  • Memberi tanda kepada KD Kurikulum 2013 yang belum dipelajari atau tidak termuat dalam KD Kurikulum 2006
  • Manempatkan hasil analisis tersebut ke dalam sebuah format yang telah dibuat (lihat Lampiran ..)
  • Buatlah kesimpulan atau saran atau kegiatan yang harus dilakukan sesuai dengan hasil analisis
  • Menentukan bahan/materi matrikulasi dan alternatif kegiatan pembelajaran.

Berikut lampiran form analisis KD kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013, KLIK DISINI

(By K. Sutame/www.mathyess.wordpress.com)

 

Posted on July 5, 2014, in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: